Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Dinkes Adakan Penyuluhan Kesehatan dan Pemeriksaan Golongan Darah Bagi Murid SD

SIBOLGA – Masih dalam rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-49, Dinas Kesehatan Kota Sibolga mengadakan penyuluhan kepada murid-murid SD dalam hal menyikat gigi serta membasuh tangan yang benar, serta memeriksa golongan darah mereka. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Senin dan Selasa, 28 sampai dengan 29 Oktober. Untuk hari pertama, penyuluhan diadakan di SD Swasta HKBP 1 Jalan Gereja HKBP Sibolga Julu dan SD Negeri 085115 Kota Baringin. Pada hari kedua, diadakan di SDN 081226 Pintu Angin dan SDN 081240.

Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk didampingi Ketua DPRD Sahlul Umur Situmeang, Kadis Kesehatan Yusuf Batubara dan Direktur RSU FL. Tobing Drg. Tunggul Sitanggang menyempatkan dirinya meninjau pelaksanaan kegiatan tersebut di SD Swasta HKBP 1 Jalan Gereja HKBP Sibolga Julu dan SD Negeri 085115 Kota Baringin, Senin (28/10).

Kedatangan Walikota ke sekolah mereka membuat anak-anak murid terlihat antusias. Ketika Walikota mengajak mereka berbincang-bincang seputar kegiatan itu, mereka menyahut dengan polos dan gembira. Saat Walikota bertanya apakah mereka merasa kesakitan waktu darahnya diambil dari ujung jari, anak-anak ini menjawab hanya seperti digigit semut. Petugas medis dari Dinas Kesehatan selanjutnya memberikan kartu yang menerangkan golongan darah si murid supaya diserahkan ekpada orangtua masing-masing.

Syarfi Hutauruk memandang sangat penting kegiatan penyuluhan tersebut untuk menanamkan kepada murid sejak dini kesadaran akan kesehatan, sehingga dengan sendirinya kelak mereka dapat lebih mampu menghindarkan diri dari kebiasaan-kebiasaan hidup yang tidak sehat. Tentu saja kesehatan yang prima akan menunjang masa depan mereka di masa nanti.

“Sedangkan pemeriksaan golongan darah, tentunya diperlukan oleh para anak agar mereka mengetahui jenis golongan darahnya. Sehingga jika memang diperlukan terkait golongan darah, mereka tidak perlu lagi untuk melakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Untuk itu, Walikota mengucapkan terimakasih kepada para dokter dan tenaga medis lainnya yang bersedia turun tangan untuk menyuluh anak-anak pelajar tersebut dengan penuh semangat. Tak lupa ia menyempatkan diri melemparkan pujian pada kedua sekolah yang ia kunjungi itu dalam hal kebersihan. Dari pengamatan di lapangan, kedua sekolah itu terutama SD Swasta HKBP Sibolga Julu memang terlihat bersih, asri dan hijau. (gan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X