Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Dinas Pepustakaan dan Arsip Gelar Lomba Bercerita dan Lomba Pidato Tingkat SD

SIBOLGAWali Kota Sibolga diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, Politik, dan Sosial Drs.Charli Sinambela, membuka Lomba Bercerita Rakyat Sumatera Utara dan Pidato Bahasa Indonesia Tingkat SD/MI se-Kota Sibolga Tahun 2018 dalam rangka memeriahkan hari jadi sibolga (HJS) ke-318, yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga, bertempat di Halaman Kantor Dinas Perpustakan dan Arsip, Jalan S. Parman, Kecamatan Sibolga Kota, Kelurahan Pasar Baru, Kota Sibolga, Selasa (20/3/2018).

Lomba ini merupakan salah satu kegiatan rutin dari program pengembangan budaya baca dan pembinaan yang biaya pelaksanaanya ditampung dalam APBD Kota Sibolga T.A 2018, pada pos anggaran Dinas Perpustakaan Kota Sibolga. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan Kota Sibolga Lysnah Siahaan, SE, perwakilan OPD Kota Sibolga, para guru pembimbing dan peserta lomba.

Drs. Charli Sinambela saat membacakan sambutan Wali Kota Sibolga, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Sibolga sangat mendukung adanya kegiatan lomba ini, yang tujuannya untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca para anak didik melalui berbagai bacaan dan media, guna menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan, dan kesatuan serta nasionalisme.

“Karena dengan bercerita, anak akan semakin cerdas, pintar, ceria, serta memiliki mental kreatif dan berkompetensi,”.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, Wali Kota berpesan kepada para orang tua supaya membiasakan anak untuk gemar membaca, kapan dan dimana saja selama bermuatan positif. Dan tidak hanya itu, para orang tua hendaknya memberikan anak-anak kesempatan untuk mengikuti setiap kegiatan perlombaan salah satunya seperti kegiatan lomba yang kita laksanakan ini, agar tumbuh jiwa saingnya dalam berkompetisi dengan anak anak lainnya.

“Bercerita kepada anak merupakan salah satu metode pembelajaran yang ampuh untuk menumbuhkan kepribadian anak sejak dini. Karena orang tua merupakan awal mula pembentukan kematangan individu dan struktur kepribadian seorang anak,” ucap Charlie mengakhiri sambutan.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Sibolga Lysnah Siahaan, SE, menjelaskan bahwa, kegiatan lomba ini dilaksanakan adalah dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Sibolga (HJS) ke-318 Tahun 2018, dan juga sebagai sarana menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca anak.

Jumlah peserta didik yang mengikuti lomba bercerita tingkat SD/MI ini yaitu sebanyak 60 orang, dengan rincian peserta putra 29 orang dan putri 31 orang, sedangkan untuk lomba pidato Bahasa Indonesia sebanyak 42 orang, dengan peserta putra 21 orang dan putri 21 orang. Kegiatan lomba ini dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 20 Maret s/d 23 Maret 2018. (mks/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X