Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

SERAP ASPIRASI RAKYAT, PEMKO SIBOLGA LAKUKAN DIALOG PEMBANGUNAN DI KELURAHAN PANCURAN GEROBAK

SIBOLGA – Setelah sebelumnya dialog pembangunan antara Pemerintah Kota Sibolga bersama masyarakat dan kelembagaan masyarakat Kota Sibolga dalam rangkaian kegiatan BBGRM XIII dan HKG ke- 44 Kota Sibolga yang dilaksanakan di Kecamatan Sibolga Utara berjalan sukses, dialog pembangunan yang sama juga dilaksanakan di Kecamatan Sibolga Kota dengan mengambil tempat di Aula Kantor Kelurahan Pancuran Gerobak, Selasa (24/05). 

Kepala Kantor PMK Kota Sibolga Agus Saleh S.AP dalam membuka dialog pembangunan ini menyampaikan, salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah sarana pemberi informasi terhadap program yang telah disetujui  untuk tahun 2016 yang belum dilaksanakan, dan dialog ini untuk melibatkan peran serta masyarakat untuk terlibat aktif dalam upaya mendukung pembangunan Kota Sibolga tahun 2016.  

“Jika nanti ada informasi dari SKPD untuk diketahui masyarakat, forum ini lah yang menjadi media untuk saling berinteraksi dua arah antara pemerintah dan masyarakat”, kata Agus Saleh.  

Sebelum diadakan dialog tanya jawab dengan masyakat yang berhadir, dialog pembangunan ini diawali ekspos dari Kepala Bappeda Kota Sibolga Drs. Charlie Sinambela dengan memaparkan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  Kota Sibolga Tahun 2016 – 2021. “Kita dari pemerintah berharap di semua aspek – aspek ataupun fungsi manajemen ada pastisipasi masyarakat, di perencanaan pun kita sangat mengharapkan partisipasi masyarakat, ketika pelaksanaan program pembangunan itu kita juga sangat membutuhkan sinergitas dengan masyarakat, agar tentunya pembangunan itu bisa mencapai sasarannya sesuai dengan yang kita harapkan”, kata Charlie dalam eskposnya.  

Sesuai dengan pantauan, dialog pembangunan ini berjalan alot. Salah seorang masyarakat yang berprofesi sebagai pengusaha industri rumah tangga “brownis ikan” yang mempunyai kendala  sertifikat/izin Industri Rumah Tangga (IRT) dari Dinas Kesehatan  yang belum didapatkannya, supaya produk yang dihasilkannya dapat masuk ke swalayan – swalayan yang ada di Kota Sibolga. Menanggapi hal tersebut, Charlie Sinambela langsung merespon hal tersebut dan langsung memintakan kepada perwakilan Kantor Dinas Kesehatan Kota Sibolga yang hadir untuk mengantisipasi dan memberikan solusi kendala tersebut.  

Dialog juga terjadi mengenai pelabuhan lama yang selama ini dikelola oleh Hotel Wisata Indah yang telah kembali diambil alih Pemerintah Kota Sibolga. Masyakarat mengharapkan, lahan pelabuhan lama yang sudah diambil alih Pemerintah Kota Sibolga tersebut dapat segera difungsikan untuk hal-hal yang bermanfaat untuk pertumbuhan ekonomi Kota Sibolga.              (rian)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X