Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

SYARFI HUTAURUK SALURKAN DANA ZIS KEPADA 3.853 FAKIR MISKIN, ANAK YATIM PIATU, MAHASISWA, SERTA ULAMA, IMAM, BILAL, RUBIAH, DAN GHARIM SE-KOTA SIBOLGA

SIBOLGA  – Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M,  didampingi isteri Dra. Hj. Delmeria Sikumbang yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Sumatera Utara, menyalurkan dana Zakat Infaq dan Sadaqah (ZIS) Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga kepada 3.853 orang muslim se-Kota Sibolga, dilaksanakan di tiga tempat yaitu Masjid Agung Kota Sibolga, Masjid Al-Jihad Kota Sibolga, dan Masjid Al-Ishlah Kota Sibolga, Rabu (17/1/2018) pagi.

Hadir di acara ini, Kakan Kemenag Kota Sibolga Mardinal Tarigan, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Hendra Syahputra, anggota DPRD Kota Sibolga Albar Sikumbang, para pimpinan OPD Kota Sibolga, Ketua BAZIS Kota Sibolga Sarmadan Daulay, camat dan lurah se-Kota Sibolga, para pengurus BKM Masjid, serta ribuan warga Kota Sibolga.

Adapun rincian dana ZIS yang disalurkan yaitu sebanyak 1.700 orang untuk fakir miskin, 593 orang untuk anak yatim piatu, 1.000 orang untuk mahasiswa, 80 orang untuk ulama, dan 120 orang untuk para imam, bilal, rubiah, dan gharim. Untuk diketahui, dana yang terkumpul selama satu tahun  yaitu kurang lebih sebesar Rp. 1,182 Milyar.

Dalam sambutannya, Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M,  mengatakan bahwa, dana Zakat, Infaq dan Sadaqah (ZIS) merupakan salah satu bentuk ibadah atau fardu’ain yang dalam ajaran agama Islam memiliki dimensi sosial dan membentuk hubungan horizontal sesama umat manusia atau hablum minannas yang sangat tinggi. Selain itu, zakat juga dapat berfungsi sebagai sarana perwujudan solidaritas sosial, pengentasan kemiskinan, pembiayaan pendidikan, pertolongan terhadap orang-orang yang menderita dan orang dhuafa serta kegiatan sosial lainnya.

“Oleh karena itu, sudah seharusnya umat Islam dapat memahami akan pentingnya zakat. Tidak terkecuali pengelolaannya harus profesional, transparan dan tepat sasaran, agar dana-dana yang terhimpun dapat tersalurkan secara maksimal dan berhasil. Kita semua menyadari bahwa  penyaluran dana ini tentu sangat bermanfaat dan membantu. Jadi, kita semua yakin dengan pemahaman yang benar maka kesadaran umat untuk mengeluarkan zakat akan semakin meningkat. Sementara itu, kepengurusan Badan Amil Zakat Kota Sibolga (BAZIS) juga akan  menyalurkan dana Zakat, Infaq dan Sadaqah (ZIS) kepada para fakir miskin dan anak yatim serta ulama, imam, bilal, rubiah, gharim yang ada di masjid-masjid se-Kota Sibolga,” ucap wali kota.

Dikesempatan ini, Wali Kota Sibolga juga mengatakan, mari kita doakan bersama-sama para ABK Kapal KM. MEGA TOP III yang hilang kontak sejak 3 pekan yang lalu agar segera dapat ditemukan oleh Basarnas, agar bisa berkumpul kembali bersama keluarganya masing-masing. (amir/mks)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X