Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMKO SIBOLGA GELAR KEGIATAN BERSIH PANTAI DAN FESTIVAL MAKANAN KHAS SIBOLGA

SIBOLGA – Dalam rangka peringatan Hari Nusantara dan Hari Ikan Nasional pada 21 November 2017 lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Perikanan Ketahanan Pangan dan  Pertanian (PKPP) Kota Sibolga menggelar kegiatan bersih pantai dan festival makanan khas daerah Kota Sibolga yaitu ikan panggang paccak, bertempat di Pelabuhan Lama Kota Sibolga, Kamis (14/12).

Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Daerah Pemko Sibolga Drs. Mochamad Sugeng, M.M, dan dihadiri Forkopimda Kota Sibolga, perwakilan pimpinan OPD Kota Sibolga, siswa-siswi jurusan tata boga SMK Negeri 2 Kota Sibolga, tim penyelam dari Dinas PKPP Kota Sibolga, serta masyarakat Kota Sibolga.

Sekda Drs. Mochamad Sugeng mengatakan, bahwa kegiatan bersih pantai dan laut ini adalah salah satu dari agenda kerja setiap tahun, yang melibatkan elemen masyarakat yang bertujuan mengkampanyekan hidup bersih dan menjaga lingkungan.

Seperti yang diketahui, Kota Sibolga secara geografis terletak di pantai barat pulau sumatera membujur sepanjang pantai dari utara ke selatan dan berada pada kawasan teluk tapian nauli dikelilingi oleh laut dan perbukitan, serta memiliki pulau-pulau kecil dengan pantai berpasir putih yang indah. 

“Banyak orang tertarik untuk berkunjung ke Kota Sibolga untuk melihat keindahan pantai dan lautnya, maka yang harus tetap kita jaga adalah kebersihan lautnya agar setiap wisatawan tiap tahun rajin berkunjung ke Kota Sibolga,” ucap Sugeng.

Sugeng menambahkan, kegiatan bersih pantai ini juga dirangkai dengan festival makanan khas daerah Kota Sibolga yaitu ikan panggang paccak yang merupakan makanan terkenal dan bersejarah di Kota Sibolga.

Kepala Dinas PKPP Kota Sibolga Hendra Darmalius, selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan, bahwa tujuan digelarnya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rasa kebersamaan diantara pemerintah dengan masyarakat dalam upaya pemeliharaan lingkungan, serta meluangkan waktu untuk bersama-sama bergotong royong membersihkan pantai dan laut agar menimbulkan kecintaan terhadap pantai dan laut.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan festival makanan khas Sibolga ini yaitu17 tim dari Penggerak PKK Kelurahan se-Kota Sibolga, sedangkan yang menjadi Juri terdiri dari 3 orang dari tim Penggerak PKK Kota Sibolga yaitu Guru Tata Boga SMK Negeri 2 Kota Sibolga serta chef dari Hotel Wisata Indah Sibolga. (amir/mks)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X