Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

BBGRM XV DAN HKG PKK KE-46 KOTA SIBOLGA DICANANGKAN

SIBOLGADitandai dengan pemukulan gong, Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk, M.M, secara resmi mencanangkan pelaksanaan rangkaian Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XV, sekaligus Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 Kota Sibolga. Pencanangan rangkaian kegiatan yang akan berlangsung satu bulan penuh itu mengambil tempat di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Rabu (4/7/2018).

Acara ini dihadiri oleh  Ketua TP. PKK Kota Sibolga Hj. Delmeria Sikumbang, Sekda Pemko Sibolga M.Yusuf Batubara, SKM, pimpinan OPD Kota Sibolga, serta camat dan lurah se-Kota Sibolga.

Pelaksanaan BBGRM merupakan agenda rutin tahunan Pemko Sibolga, yang juga merupakan program nasional, sebagaimana amanat Peraturan Menteri dalam Negeri (Mendagri) Nomor 44 Tahun 2005, BBGRM diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan dan penguatan integritas sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong.

Pencanangan pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-XV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-46 yang berthema “Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Menuju Masyarakat Sejahtera dan Berdaya Saing”.

Ketua Panitia BBGRM XV dan HKG ke-46, Hendra Darmalius, A.Pi, yang juga menjabat sebagai Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Pemko Sibolga, memaparkan rangkaian kegiatan yang akan diadakan sepanjang 4 Juli – 4 Agustus Tahun 2018 ini diantaranya dialog pembangunan antara Pemerintah Kota Sibolga dengan masyarakat.

Dialog ini akan meliputi bidang kemasyarakatan seperti, bidang ekonomi, bidang sosial budaya dan agama, serta bidang lingkungan hidup. Pada dialog ini nantinya akan dipaparkan capaian-capaian pembangunan di Kota Sibolga selama 5 tahun terakhir ini.  Selain dialog pembangunan, kegiatan lainnya berupa gotong-royong kebersihan lingkungan yang akan dilaksanakan di seluruh kelurahan, bakti sosial swadaya masyarakat yang difasilitasi oleh BUMD dan BUMN yang ada di Kota Sibolga.

Kegiatan lomba tari kreasi daerah yang disponsori oleh TP. PKK, pemberian bahan stimulant alat gotong-royong kepada kelurahan se-Kota Sibolga, pemberian bantuan tanaman pangan dalam Polybag (cabe merah, cabe rawit, terong ungu, dan tomat), sosialisasi abdi yasa dan sosialisasi pelajar pelapor keselamatan lalu lintas, pembinaan dan pelayanan KB, serta pengobatan gratis.  “Semua kegiatan yang dilaksanakan akan dinilai oleh tim pelaksana kegiatan sesuai indikator penilaian yang sudah ditetapkan yang mana kelurahan terbaik I, II, dan III yang nantinya akan ditetapkan melalui keputusan Wali Kota Sibolga,” ucap Hendra.  Para pemenang tersebut akan diberikan hadiah berupa piagam penghargaan dan dana pembinaan, yang nantinya akan diserahkan pada saat penutupan.

Dalam sambutannya Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk M.M, menyampaikan bahwa gerakan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan dan kegotong royongan dalam penguatan integritas sosial menuju masyarakat Sibolga sejahtera maju dan berdaya saing.

“Demikian perlunya upaya pelestarian nilai-nilai gotong royong ini sehingga pemerintah berharap kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat yang dilaksanakan setiap tahunnya dapat memotivasi masyarakat dalam mengembangkan swadaya gotong-royong, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, terbentuknya persamaan persepsi dan komitmen dalam mendukung upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dan memantapkan program pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan swadaya dan gotong royongan masyarakat,” ucap wali kota.

Sejak tahun  2011,  melalui surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor : 410/133/SJ Tanggal 23 Januari Tahun 2007, kegiatan ini sebagai suatu gerakan nasional Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat yang setiap tahunnya diperingati dan dilaksanakan oleh pemerintah bersama-sama masyarakat.

Pada tahun ini peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Kota Sibolga dipadukan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-46 Tahun 2018 dengan sprit dan momentumnya adalah, “Dengan semangat kegotong royongan dan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan kita mewujudkan integritas menuju masyarakat Kota Sibolga yang berdaya saing”. Thema ini menjadi lebih selaras lagi untuk berkarya dengan makna bahwa gotong-royong dan Hari Kesatuan Gerak PKK bukan lagi sekedar kerja rutin namun lebih kepada modal sosial dan akselerasi untuk menggelorakan kerja sama dengan melibatkan TP. PKK dan juga LPM baik ditingkat kota, kecamatan maupun kelurahan,” jelasnya.

Selanjutnya, gotong-royong merupakan spirit (energi) untuk mengajak keluarga-keluarga Indonesia menjadi keluarga yang cerdas, sejahtera, tangguh dan memiliki daya saing menghadapi tantangan global yang penuh kompetitif.

Dalam acara pencanangan ini, Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk, M.M, menyerahkan bantuan alat-alat kebersihan berupa kereta sorong (beko), sekop, garu, keranjang, dan sapu lidi kepada kelurahan se-Kota Sibolga. (amir/mks)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X