Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

APEL KESADARAN NASIONAL PERTAMA DI TAHUN 2018, WALI KOTA SIBOLGA HIMBAU SELURUH ASN TINGKATKAN DISIPLIN

SIBOLGA – Apel Kesadaran Nasional yang dilakukan setiap tanggal 17 seperti pada hari ini, Rabu (17/1/2018) pagi, dilaksanakan di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga berjalan dengan hikmat. Kegiatan rutin Apel Kesadaran Nasional ini dihadiri oleh ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN)  baik PNS dan THL dari berbagai instansi baik dinas, badan, kantor kecamatan dan kelurahan. Hal itu terlihat dari barisan peserta upacara yang tertata dengan rapi diurut berdasarkan masing masing instansi. Adapun yang bertindak sebagai panitia upacara pada Apel Kesadaran Nasional hari ini adalah Sekretariat Daerah Kota Sibolga.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan bahwa, upacara hari ini merupakan upacara pertama di Tahun 2018, beliau mengimbau kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga untuk tetap meningkatkan disiplin, karena disiplin merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan program pembangunan dalam rangka mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil dan sejahtera.

Wali Kota Sibolga mengungkapkan, dari hasil laporan yang beliau terima, saat ini masih banyak ASN yang tidak mengikuti apel pagi dan sore, berkeliaran pada saat jam kerja, serta tidak melaksanakan tanggungjawabnya sebagai seorang abdi negara dan masyarakat, sehingga menimbulkan tanggapan-tanggapan negatif, yang dapat memperburuk citra ASN di mata masyarakat. Sebagai aparatur pemerintahan, seyogianya ASN dapat menjadi panutan bagi masyarakat dan mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, serta harus mematuhi dan memahami disiplin sebagai ASN sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 dan ketentuan Perundangan-undangan yang berlaku.

“Apabila pelayanan yang diberikan kepada masyarakat terlaksana dengan baik, maka akan semakin dekat dan memperoleh dukungan dari masyarakat, sebaliknya apabila tidak terlaksana dan tidak terpenuhi, maka kita akan dijauhi dan bahkan bisa mendapatkan cemoohan dari masyarakat. Oleh karena itu, kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga untuk lebih meningkatkan budaya kerja yang  berdisiplin, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap prinsip-prinsip Good Government agar tercipta budaya kerja yang efektif, efisien, dan profesional dalam melayani kepentingan masyarakat, bangsa dan negara,” ucap wali kota.

Dikesempatan ini,  wali kota juga menyampaikan bahwa, ada 19 orang ASN dan 18 orang THL di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga yang  terlibat narkoba. Maka terhadap ASN yang terlibat narkoba tersebut akan dipantau oleh Polres Kota Sibolga, sedangkan THL yang terlibat akan diberhentikan.

Disela-sela upacara Apel Kesadaran Nasional ini, Wali Kota Sibolga Drs. H.M.Syarfi Hutauruk, M.M, didampingi oleh Sekretaris Daerah Pemko Sibolga Drs. Mochamad Sugeng, dan para pimpinan OPD Kota Sibolga menyerahkan piagam penghargaan kepada camat dan lurah terbaik Tahun 2017.  Adapun  yang terpilih sebagai camat terbaik Tahun 2017 adalah Camat Sibolga Selatan Agus Shaleh Tanjung, sedangkan lurah terbaik  Tahun 2017 diraih oleh Lurah Sibolga Ilir Mual Rianto Tamba. (amir/mks/rj)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X