Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA PIMPIN APEL GELAR PASUKAN OPERASI LILIN TOBA 2016

 

 

“Demi memberikan pelayanan yang profesional kepada masyarakat, 150 Personil diturunkan, dan 2 pos pelayanan disiapkan”

 

 

SIBOLGA  Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM menjadi Irup pada apel gelar pasukan “Operasi Lilin  2016” yang dilaksanakan Kepolisian Resort (Polres) Kota Sibolga dan instansi terkait di Lapangan Simare-mare, Kota Sibolga, Kamis (22/12) sekitar pukul 09.00 WIB. Dalam apel ini turut hadir Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang S.Pi, Kapolres Sibolga AKBP. Benny Remus Hutajulu S.I.K, Komandan Lanal Sibolga Letkol Laut (P) Rizal Musa Karim. SE. dan para pimpinan SKPD Kota Sibolga.

 

Apel ini dilaksanakan sebagai pengecekean akhir kesiapan kita dalam melaksanakan operasi pengamanan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, baik pada aspek personel, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra Kamtibnas lainnya. Hal ini disampaikan Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk pada saat membacakan amanat Kapolri RI Drs. M. Tito Karnavian.

 

Masih dalam amanat Kapolri, disampaikan,  Perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan moment berlibur bagi sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia. Karena itu, diprediksi akan terjadi mobilisisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain, serta munculnya titik konsentrasi massa ditempat tertentu, seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandar udara, terminal dan tempat – tempat lainnya.Oleh karena itu peningkatan aktivitas masyarakat ini harus diantisipasi dengan baik oleh aparat keamanan.

 

“Peningkatan aktivitas masyarakat ini, harus diantisipasi dengan baik oleh aparat keamanan, untuk itu Polri menggelar operasi lilin 2016, yang dilaksanakan selama 10 hari, sejak tanggal 23 Desember 2016 Sampai Dengan 1 Januari 2017 mendatang. Dan operasi lilin dilakukan dengan mengedepankan tindakan premtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Secara keseluruhan, Polri mengerahkan 85.744 personil polri, dibantu 15.096 personil TNI serta 55.130 personil gabungan dari Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, dan Jasa Raharja,” katanya mengakhiri amanat Kapolri.

Syarfi juga menyampaikan, bahwa Operasi Lilin Toba 2016 yang dilaksanakan di Kota Sibolga menurunkan sebanyak 150 personil, yaitu 90 personil kepolisian, 14 personil TNI, 16 personil Dishub, 16 personil Satpol PP, 2 petugas PLN, 4 petugas kesehatan, serta 2 petugas BPBD.

 

Selain menerjunkan personil gabungan, kepolisian resort Sibolga juga menyiapkan 2 pos pelayanan, yakni di terminal bus Sibolga, dan pelabuhan ASP Sibolga.

 

Diakhir arahannya, Syarfi Hutauruk berharap, pelaksanaan operasi lilin 2016 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga masyarakat dapat merasakan dampak nyata dari pelayanan yang diberikan. Oleh karenanya, seluruh personel pengamanan agar bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan yang profesional kepada masyarakat,” tandasnya.

 

Usai apel gelar pasukan, Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutaurukmengecek kesiapan pasukan di masing masing pos pelayanan,  dan  penyematan pita  operasi lilin 2016 kemudian ditutup dengan show of force(pertunjukan kekuatan/parade/konvoi)yang dilepas oleh Komandan Lanal Sibolga Letkol Laut (P) Rizal Musa Karim. (amir/hendri)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X