Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

ANTUSIASME MASYARAKAT SIBOLGA MERAYAKAN HUT RI KE-68

SIBOLGA Seiring dengan terbitnya matahari pagi, kesibukan masyarakat Kota Sibolga mempersiapkan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-68 dan pernak-pernik merah putih terlihat dimana-mana. Suasana ramai terlihat di beberapa titik tempat perayaan berlangsung. Contohnya di Lapangan Simaremare yang menjadi pusat pelaksanaan Upacara Penaikan Bendera Merah Putih. Masyarakat Kota Sibolga dan sekitarnya mengikuti setiap detil upacara dengan khidmat walaupun berada di luar pagar pembatas.

Setelah upacara selesai, keramaian di beberapa titik yang dipantau tim SibolgaNauli semakin terlihat. Ada begitu banyak kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah maupun masyarakat untuk meramaikan perayaan HUT RI kali ini. Lomba panjat pinang menjadi tradisi dan tontonan yang paling menarik dan digemari oleh masyarakat. Seperti halnya di Lapangan Simaremare, Pemerintah Kota Sibolga menyiapkan 4 batang pohon pinang dengan berbagai macam hadiah yang lumayan menggiurkan. Untuk mengikuti lomba tersebut, perserta harus mewakili Kelurahannya masing-masing.

Sorak sorai ratusan penonton terdengar riuh sekali saat peserta yang umumnya pria mulai mendekati target yaitu puncak pohon pinang yang tergantung berbagai macam hadiah. Walaupun seluruh badan dipenuhi minyak gemuk yang dilumuri di pohon pinang, tetapi semangat perjuangan untuk meraih hadiah tak kunjung padam. Hampir di setiap Kelurahan dapat dijumpai perlombaan ini.

Tak hanya pria remaja dan dewasa yang berjuang untuk mendapatkan hadiah, anak-anak perempuan yang masih duduk di Sekolah Dasar tak ketinggalan. Mereka ikut perlombaan tarik tambang di lapangan yang becek. Tak peduli tenaga terkuras dan seluruh badan kotor, mereka dengan semangat saling tarik menarik untuk mengalahkan tim lawan. Kegiatan ini tim temukan di Kelurahan Muara Pinang. Di Kelurahan yang sama tetapi tempat yang berbeda, tim juga menemukan kegiatan yang dilakukan oleh para ibu-ibu rumah tangga. Mereka juga tak mau ketinggalan dan ikut ambil bagian untuk meramaikan HUT RI kali ini. Ibu-ibu tersebut mengikuti lomba junjung botol yang berisi air, lalu berjalan atau berlari dengan rute yang telah disediakan. Yang paling cepat mencapai garis finish dialah pemenangnya, tetapi botolnya tak boleh jatuh dan tak boleh dipegang.

Tua muda, miskin kaya, kecil besar, semua ikut merayakan Hari Kemerdekaan. Antusiasme masyarakat untuk mengisi kegiatan di hari kemerdekaan tahun ini sangat luar biasa. Semoga semangat juang dalam mengikuti perlombaan tidak kalah dalam berjuang menghadapi kerasnya kehidupan di masa sekarang dan yang akan datang.(bjo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X