Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Alexander Lumbantobing, Putra Sibolga Berprestasi di Bidang Cyber Security System

Dinas Kominfo Sibolga | SIBOLGA – Alexander Lumbantobing, mungkin bukanlah nama yang familiar bagi masyarakat kota Sibolga. Namun pemuda asal Sibolga ini, merupakan salah seorang Putra Sibolga berprestasi yang prestasinya patut dibanggakan. Dengan keahliannya di bidang IT, tepatnya di bidang Cyber Security System, anak dari pasangan Sihol Lumbantobing dan Delviana Togatorop, yang tinggal di jalan Sibolga Baru Kota Sibolga ini, telah banyak mengukir prestasi & menerima penghargaan (award) di bidang Cyber Security System.

Pemuda yang akrab disapa Alex ini, lahir di Sibolga, dan menempuh pendidikan SD hingga SMA di Sibolga. Alex merupakan alumni dari SD RK 1 Sibolga (1999-2005), SMP Fatima 1 Sibolga (2005-2008) dan SMA Negeri 1 Sibolga (2008-2011). Setelah tamat SMA, Alex melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Del (2011-2016).

Keahlian Alex di bidang Cyber Security System, terbukti dengan banyaknya perusahaan terkemuka di Indonesia, memakai jasanya untuk keamanan sistem komputer mereka. Perusahaan perbankan, maskapai penerbangan, telekomunikasi, dan berbagai perusahaan lain di Indonesia, tercatat telah menggunakan jasa Alex. Selain itu, jasa Alex juga telah dipakai untuk membangun keamanan sistem komputer kampus dan inatansi pemerintahan.

Alex juga telah menulis buku di bidang Security System, dengan judul “Capture The Flag & Hacking Kioptrix Server”. Buku ini menyajikan cara sederhana dan sangat menarik dalam melakukan percobaan pembobolan sistem keamanan (hacking), dengan menciptakan sebuah kondisi yang bersifat virtual, sehingga tidak akan menggangu sistem yang ada di dunia nyata. Pengetahuan yang diajarkan dalam buku ini adalah mengenai Bypass Limited Shell pada SSH, Modify/etc/password, create account backdoor, dan covering tracks. Buku ini juga akan menambah pengetahuan mengenai kompetisi Capture The Flag, sehingga para pembaca dapat lebih mempersiapkan diri dalam berkompetisi, atau untuk menciptakan kompetisi sederhana.

Alex juga kerap diundang sebagai narasumber untuk acara seminar, workshop, dan pelatihan (training) dengan tema Cyber Security System.
Alex juga sudah bersumbangsih bagi dunia ilmu pengetahuan dunia, dengan menulis 2 (dua) paper Internasional dan 1 (satu) paper Nasional, dengan judul paper “Industrial Control System – System Security – Malware Botnet Detection”, “Design an Advanced Botnet to Monitor User Awareness on Harmful Malware Using Vertexnet” dan “Encoding Malware untuk Uji Coba Deteksi dari ANTI-VIRUS”

Semoga anak-anak muda Sibolga lainnya, dapat berprestasi dan berkarya di bidangnya masing-masing seperti Alex, untuk mengharumkan nama Kota Sibolga baik di kancah nasional maupun internasional. Semoga sosok Alex dan seabrek prestasinya, menjadi penyemangat anak muda Sibolga Sibolga lainnya dalam berkarya dan mengukir prestasi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *