Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

450 ANAK PAUD SE-KOTA SIBOLGA LAKUKAN AKSI CUCI TANGAN

SIBOLGA – Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) se-dunia, Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Kesehatan Kota Sibolga bekerjasama dengan TP PKK Kota Sibolga menggelar aksi cuci tangan bersama para anak PAUD se-Kota Sibolga, di Lapangan Simare-Mare, yang di hadiri oleh Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk dan Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Ketua TP PKK Kota Sibolga Hj.Delmeria Sikumbang, Wakil Ketua I TP PKK Kota Sibolga Ibu Doharta Hutabarat  beserta unsur Muspida Kota Sibolga, Rabu (18/10) pagi.

Dikatakan Hj.Delmeria Sikumbang, Ketua TP PKK Kota Sibolga dalam sambutannya, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan angka penyakit diare dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup, serta mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen dalam menjaga kesehatan dan kebersihan dengan mencuci tangan setelah beraktivitas. “Dengan mengajak dan mengajari anak memperhatikan kesehatan dengan mencuci tangan pakai sabun sebelum makan bekal yang di bawa dari rumah, akhirnya akan merupakan pembiasaan baik yang akan dikampanyekan anak dirumah dan di lingkungannya,” ucap Delmeria.

Sejalan dengan hal tersebut, Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk dalam sambutannya mengatakan, bahwa jasmani dan rohani yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Dengan jasmani yang sehat, kita dapat melakukan berbagai kegiatan dengan baik. Kesehatan pasti akan terasa sangat mahal disaat kita sedang sakit. Saat itulah kita merasa bahwa kesehatan merupakan harta yang sangat berharga.

Oleh sebab itu, Syarfi Hutauruk mengajak para orang tua untuk menerapakan pola hidup sehat kepada anak salah satunya dengan mencuci tangan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Menurut beliau, anak-anak sangat senang mempelajari dan menyentuh segala sesuatu tanpa tahu apakah benda tersebut kotor atau tidak. Lalu memasukan tangannya ke dalam mulut atau memakan makanan tanpa mencuci tangan, akibatnya anak dapat menderita penyakit yang di sebabkan oleh kuman atau bakteri.

“Karena itu, ayo mulailah dari sekarang kebiasaan baik mencuci tangan agar tubuh kita lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit,” ajak beliau.

Peserta aksi cuci tangan pakai sabun tingkat Kota Sibolga ini diikuti sebanyak ± 750 orang, terdiri dari 450 orang siswa PAUD dengan masing-masing 10 orang perwakilan dari 45 PAUD se-Kota Sibolga, 90 orang guru pendamping, FKPD, pimpinan SKPD terkait, Tim Penggerak PKK Kota Sibolga, kecamatan dan kelurahan, camat dan lurah se-Kota Sibolga, dan undangan.

Acara ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan mulai dari promosi cara cuci  tangan dengan tujuh (7) langkah cuci tangan pakai sabun dan prakteknya serta pemberian bingkisan kepada anak PAUD predikat terbaik pada aksi tersebut. (hendri/amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X