Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMKO SIBOLGA GELAR KEGIATAN BERSIH-BERSIH PANTAI DAN LAUT

SIBOLGA – Sebagai wujud kepedulian pemerintah dan masyarakat untuk menjaga pantai dan laut agar tetap bersih sehingga memberi manfaat bagi masyarakat Kota Sibolga, Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kota Sibolga menggelar kegiatan bersih-bersih pantai dan laut sekaligus penyerahan bantuan sarana perikanan kepada kelompok nelayan, Sabtu (19/11), bertempat di pelabuhan lama Sibolga.

Kegiatan bersih-bersih pantai dan laut ini dihadiri oleh Wali Kota Sibolga Drs.H .M. Syarfi Hutauruk, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang S,Pi, seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemko Sibolga, pimpinan DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori SH, Hendra Sahputra, anggota DPRD Kota Sibolga Rivorman Saleh Manalu dan Ustad Wandana, serta DanLanal Sibolga Letkol (P) Rizaldi.

Hal ini sengaja dilakukan karena kondisi kebersihan pantai dan laut di Kota Sibolga kurang baik kualitasnya dan untuk meningkatkan rasa kebersamaan diantara pemerintah dengan masyarakat dalam upaya pemeliharaan lingkungan serta meluangkan waktu guna bersama-sama bergotong royong membersihkan pantai dan laut, sehingga timbul rasa cinta terhadap pantai dan laut. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kota Sibolga Hendra Darmalius  menyampaikan sambutannya.

Sementara itu, Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk menyampaikan, gerakan bersih pantai dan laut ini memiliki makna penting dan strategis guna meningkatkan kesadaran dan keterlibatan aktif masyarakat pada setiap kegiatan pengelolaan kawasan pesisir.

“Melalui kegiatan ini kita ingin meningkatkan semangat dan pemahaman yang sama tentang pengendalian kerusakan kawasan pantai dan laut, serta menjadikan kawasan pantai dan laut menjadi kawasan yang bersih dan sehat,” ungkap Syarfi.

Syarfi juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar mengubah perilaku untuk lebih peduli pada kebersihan pantai. Dikatakannya, laut adalah masa depan kita, oleh karena itu kita jaga, jangan sampai sampah-sampah mengotorinya. Apabila pantai bersih, biodata laut sehat dan wisatawan pun banyak yang datang. Mari menjaga laut kita, menjaga dalam arti memulihkan, menyelamatkan, melestarikan dan memanfaatkannya secara bertanggung jawab, berkelanjutan dan berkeadilan, ajaknya.

Sebelum menggelar bersih-bersih pantai dan laut, pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan sarana perikanan kepada kelompok masyarakat perikanan sebagai pendorong agar semakin bersemangat dalam meningkatkan produktivitasnya dan pemanfaatan sumberdaya perikanan sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat perikanan khusunya masyarakat perikanan Kota Sibolga. Dan pada kesempatan yang sama, Wali Kota Sibolga menerima piagam penghargaan yang diberikan Dr. Hamonangan Nainggolan dari Prof.Dr. Mohd Ekhwan Toriman Dekan Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan, Universiti Kebangsaan Malaysia, yang telah memberikan ceramah bertajuk “ Sibolga Smart City Road Map: Inovasi Pendidikan dan Kearifan Budaya Lokal pada 27 Oktober lalu di Universiti Kebangsaan Malaysia. (amir/hendri)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X