Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

AJAK MASYARAKAT UBAH PARADIGMA DALAM PENGOLAHAN SAMPAH, DINAS PKPLH GELAR LOMBA CIPTA KREASI DAUR ULANG

SIBOLGALomba cipta kreasi daur ulang sampah tingkat SD/MI, SLTP dan SLTA, serta antar TP-PKK Kelurahan se-Kota Sibolga Tahun 2018 yang digelar oleh Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kota Sibolga, resmi dibuka Wali Kota Sibolga yang diwakili oleh Asisten II Pemko Sibolga Hendra Darmalius, A.Pi, bertempat di Gedung Nasional Jalan dr.FL.Tobing Kota Sibolga, Kamis (26/4/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh para pimpinan OPD Kota Sibolga, pengurus Tim Penggerak PKK Kota Sibolga, camat dan lurah se-Kota Sibolga, Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kota Sibolga, para guru pendamping, serta para siswa peserta lomba.

Dalam sambutan Wali Kota Sibolga yang dibacakan oleh Asisten II Pemko Sibolga Hendra Darmalius, A.Pi, mengungkapkan bahwa, seiring pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat, sampah yang dihasilkan setiap tahun semakin bertambah, baik itu jenis, volume dan karateristik.

“Begitu juga dengan metode pengelolahan sampah saat ini, pada umumnya masih dengan cara membuang sampah secara langsung ke TPS (tempat pembuangan sampah)ataupun ke TPA (tempat pengololaan akhir). Oleh sebab itu, apabila sampah tersebut tidak ditangani dan dikelola dengan baik maka akan berdampak terhadap permasalahan lingkungan, seperti pencemaran tanah,udara dan air yang merupakan sumber kehidupan manusia,” ucapnya.

Dikesempatan itu, dirinya mengajak masyarakat mengubah paradigma dalam pengolahan sampah, yang semula sekedar mengumpulkan, mengangkut dan membuang sampah ke TPA berganti menjadi pengelolahan sampah dengan menerapkan prinsip 3R yaitu, mengurangi sesuatu yang dapat menimbulkan sampah (reduce), menggunakan kembali sampah yang masih dapat dipakai untuk fungsi yang sama atau fungsi yang lain (reuse), dan mengelola kembali atau daur ulang sampah menjadi barang atau produk yang bermanfaat (recycle).

Sebelumnya, ketua panitia lomba, Kepala Dinas PKPLH Kota Sibolga Ir.Mauli BadiaHarahap, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian para siswa dan siswi dan Tim Pengerak PKK Kelurahan se-Kota Sibolga dalam melestarikan lingkungan hidup di Kota Sibolga. Selain itu, untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam memanfaatkan barang bekas berupa sampah plastik, meningkatkan kesejahteraaan sejak dini dan menunjukan jiwa kreatifitas untuk mendaur ulang sampah menjadi kerajinan yang memiliki nilai manfaat, serta menumbuhkembangkan gaya hidup hijau (green living) kepada masyarakat dengan prinsip 3R tersebut, untuk menyelamatkan bumi.

Untuk diketahui, jumlah tim yang mengikuti perlombaan iniyaitu sebanyak78 tim. Setiap tim terdiri dari 3 orang dari setiap SD/MI , SLTP, SLTA dan SMK sederajat se-Kota Sibolga, serta Tim Penggerak PKK Kelurahan.

Adapun yang menjadi pemenang pada pelombaan tersebut yakni, untuk tingkat SD/MI Juara I diraih oleh SD Negeri 084083 Kota Sibolga, Juara II SD Swasta RK III Kota Sibolga, dan Juara IIISD Negeri 084087 Kota Sibolga. Untuk pemenang tingkat SMP sederajat Juara I diraih oleh MTs Negeri Kota Sibolga, Juara IISMP Fatima 2 Kota Sibolga, dan Juara III SMP Negeri 1 Kota Sibolga, dan pemenang untuk tingkat SMA/SMK sederajat, Juara I diraih oleh SMA Katolik Kota Sibolga, Juara II SMA Swasta Darur Rachmad Kota Sibolga, dan Juara III SMA Negeri 4 Kota Sibolga. Sedangkan pemenang untuk tingkat TP. PKK Kelurahan se-Kota Sibolga Juara I diraih oleh Tim PKK Kelurahan Pancuran Bambu, Juara II Tim PKK Angin Nauli, dan Juara III Tim PKK Hutabarangan. (amir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X