Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PKK KOTA SIBOLGA GELAR LOMBA TARI KREASI TRADISIONAL

SIBOLGA Dalam rangka membangkitkan kepedulian dan kecintaan anggota serta Kader PKK dalam melestarikan budaya tradisional serta memupuk semangat untuk lebih berprestasi lagi dalam mewujudkan kreatifitas terhadap seni, TP. PKK Kota Sibolga laksanakan kegiatan lomba tari kreasi daerah se-Kota Sibolga, yang dilaksanakan dilapangan Simare – mare Kota Sibolga, Selasa (14/8/2018) pagi.

Acara ini turut dihadiri oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, M.M, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Sekretaris Daerah Pemko Sibolga M.Yusuf Batubara, Ketua TP.PKK. Kota Sibolga ibu Hj.Delmeria Sikumbang, dan Wakil Ketua TP.PKK. Kota Sibolga ibu Doharta Ida Hutabarat, pimpinan OPD Kota Sibolga, serta camat dan lurah se-Kota Sibolga.

Kepala Dinas PMK, PP dan PA Kota Sibolga Nuraisyah SKM, sebagai ketua pelaksana lomba, dalam laporannya menyampaikan bahwa lomba tari kreasi ini dilaksanakan selain bertujuan untuk meningkatkan kecintaan terhadap seni budaya bagi anggota dan kader PKK Sibolga, juga bertujuan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan anggota, serta anggota diharapkan ikut berperan aktif dalam kegiatan PKK Kota Sibolga.

Kegiatan lomba ini berlangsung selama satu hari penuh. Diikuti sebanyak 204 orang anggota PKK kelurahan, beserta kader se-Kota Sibolga. Pemenang dari lomba ini akan diberikan hadiah pembinaan yang penyerahannya akan dilaksanakan pada acara penutupan  BBGRM Kota Sibolga.

Ketua TP. PKK Kota Sibolga ibu Hj. Delmeria Sikumbang, dalam sambutannya mengatakan, bahwa tari kreasi daerah merupakan jenis tarian yang terbentuk dari jenis tari tradisional, yang kemudian diberikan sentuhan inovasi pada gerakannya. Tari kreasi ini, mengajak kita semua untuk senantiasa melestarikan dan memperkenalkan seni dan budaya tradisional kepada generasi muda, bahwa tarian daerah juga dapat diperbaharui dengan mengkombinasikannya dengan tarian yang bersifat modern, sehingga menjadi sebuah tarian yang menarik.

Ia berharap, melalui kegiatan lomba tari kreasi ini, dapat membina dan memupuk rasa persaudaraan serta kebersamaan di antara seluruh anggota TP. PKK, baik pengurus maupun kader yang ada di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan.

Saat memberikan sambutan dan membuka acara lomba tersebut, Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M,  menyampaikan, bahwa Indonesia memiliki banyak ragam budaya yang unik dan khas, sehingga Indonesia menjadi tujuan wisata yang paling tepat, begitu pula dengan Kota Sibolga. Oleh sebab itu, adanya arus modernisasi, dikhawatirkan akan mengikis budaya tradisional, maka perlu kiranya ada pelestarian budaya tradisional.

Wali Kota juga berharap, bagi seluruh anggota dan kader PKK bisa menghayati serta menjiwai nilai – nilai kesenian tari tradisional, sebab dengan kegiatan ini dapat membentuk karakter sekaligus kepribadian yang baik bagi PKK beserta kader – kadernya.

Dalam kegiatan lomba tari kreasi daerah ini, juara 1 diraih oleh Kelurahan Kota Beringin, disusul oleh Kelurahan Pancuran Bambu sebagai juara 2, dan juara 3 diraih oleh Kelurahan Pasar Belakang, adapun harapan 1 diraih oleh Kelurahan Aek Habil, harapan 2 diraih oleh Kelurahan Pancuran Dewa, dan harapan 3 diraih oleh Kelurahan Pancuran Kerambil. Penyerahan hadiah pembinaan kepada para pemenang lomba tari kreasi diserahkan langsung Ketua TP. PKK Kota Sibolga didampingi Wakil Ketua.  (mks)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X