Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

104 MAHASISWA ANGKATAN KETIGA POLINELA PDD RINTISAN AKN SIBOLGA DI WISUDA

SIBOLGA – Sebanyak 104 orang Mahasiswa Politeknik Negeri Lampung Program Studi Diluar Domisili (PDD) Rintisan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Sibolga Angkatan Kedua di Wisuda dari dua (2) Program Studi, yakni Program Studi Teknologi Pangan Diploma Dua (D2) sebanyak 52 orang dan Program Studi Budidaya Perikanan (D2) sebanyak 52 orang, yang dilaksanakan di Gedung Nasional, Kota Sibolga, Selasa (10/10/2018) pagi.

Dalam sambutannya, Direktur Polinela Ir. Joko Sutopo Sugeng Hartono,M.T.A menyampaikan, sejak Tahun 2012 dirinya telah mendapat penugasan dari Kementerian Agama Riset Teknologi Pendidikan Tinggi untuk menyelenggarakan  Program Studi Diluar Domisili (PDD) setingkat Diploma I dan II sebagai rintisan Akademi Komunitas Negeri (AKN).

Sampai saat ini, Polinela PDD AKN telah membina tujuh PDD yang ada di 6 Provinsi, yakni Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu, Kabupaten Mukomuko Bengkulu, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung dan Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Di Tahun 2014 dirinya di beri kepercayaan membina PDD Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan dan Kota Sibolga, Sumatera Utara, serta Tahun 2015 di tambah Kabupaten Mentawai Sumatera Barat, mulai berdiri dari Tahun 1992 hingga 6 Oktober Tahun 2016, jumlah mahasiswa yang telah di wisuda sebanyak 6.102 orang untuk program Sarjana Terapan (SI) dan Ahli Madya (DIII) yang tersebar di 13 Program Studi, sedangkan program DI dan DII di lima (5) Program Studi Diluar Domisili (PDD) dari Tahun 2013 hingga hari ini sebanyak 1.181 orang, ucapnya.

Ketua PDD Rintisan AKN Sibolga Drs. Alpian Hutauruk, M.Pd dalam laporannya, menyampaikan bahwa kelulusan periode ini merupakan yang ketiga sejak di bukanya Program studi Diluar Domisili (PDD) Rintisan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Kota Sibolga. Dengan kelulusan mahasiswa saat ini, maka menambah jumlah lulusan Politeknik Negeri Lampung PDD Kota Sibolga dari Tahun 2016 sampai dengan 10 Oktober Tahun 2018 menjadi 297 orang, ucap Alpian.

Dari peringkat kelulusan di Politeknik Negeri Lampung (Polinela) Program Studi Diluar Domisili (PDD) Kota Sibolga yang diwisuda hari ini ditetapkan, untuk Program Studi dengan predikat terbaik sebanyak 3 mahasiswa yaitu, peringkat pertama di raih Labora Sardelima Tamba dengan IPK 3,96, predikat dengan pujian. Peringkat kedua Gancih malem Lbn. Tobing, dengan IPK 3,96, predikat dengan pujian. Dan Peringkat ketiga Dirga Harianto dengan IPK 3,92, predikat dengan pujian, jelasnya.

Dalam sambutannya,Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan ahli muda, karena apa yang para wisudawan raih pada saat ini adalah merupakan awal lahirnya generasi penerus cita-cita bangsa yang diharapkan benar-benar memiliki intelektualitas, kapabilitas, kredibilitas dan teruji integritasnya.

Wali Kota menambahkan, bahwa kehadiran Akademi Komunitas Negeri Kota Sibolga adalah hal yang sangat dibutuhkan bukan saja karena perguruan tinggi adalah tempat mencetak kader-kader generasi penerus bangsa dan daerah, akan tetapi lebih dari itu. Kampus adalah sebagai wahana pembinaan terhadap karakter anak bangsa sehingga dapat menghasilkan ide-ide cemerlang dalam berkontribusi untuk perkembangan dan kemajuan bangsa atau daerah.

“Perlu kami ingatkan kembali, bahwa dalam salah satu visi dan misi kami selaku Wali Kota/Wakil Wali Kota Sibolga adalah pemerataan pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kota Sibolga. Hal ini tentu sejalan dengan kehadiran Akademi Komunitas Negeri Kota Sibolga, dan juga diharapkan sebagai sebuah lembaga untuk mempersiapkan diri untuk mengabdikan diri kepada masyarakat,” ucap Wali Kota seraya mengakhiri sambutannya .

Kegiatan tersebut turut di hadiri Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Direktur Politeknik Negeri Lampung Sarono, para pimpinan OPD Kota Sibolga, para penasehat, ketua, dan seluruh Dosen Politeknik Negeri Lampung PDD Kota Sibolga Rintisan Akademi Komunitas Negeri Kota Sibolga dan para mahasiswa angkatan ke III yang akan di wisuda. (Rj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X