Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Evaluasi Kelurahan Percontohan PKK Pelaksanaan Tertib Administrasi dan UP2K-PKK Tingkat Propinsi Sumatera Utara

SIBOLGA – Tertib administrasi merupakan prinsip-prinsip manejemen organisas termasuk wadah organisasi PKK secara tepat, akurat dan menyeluruh mulai dari dasa wisma kelurahan, kecamatan, kota, propinsi dan tingkat nasional baik secara manual maupun melalui penggunaan SIM. Untuk itu, pemerintah melalui tim penggerak PKK senantiasa berupaya untuk mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki perempuan agar secara mandiri mempunyai pemahaman dan pengetahuan dalam pengelolaan dan penataan administrasi, serta terampil dan keahlian dalam mengatasi masalah yang mereka hadapi secara mandiri melalui peningkatan kapasitas dan kualitas.

Pada acara Evaluasi Kelurahan Percontohan PKK atau Pelaksanaan tertib Administrasi PKK dan UP2K-PKK TK Propinsi Sumatera Utara Tahun 2014 dilaksankan di aula kantor Kelurahan Aek Muara Pinang, Kecamatan Sibolga Selatan, Rabu (10/12), yang penilaiannya dilaksanakan di 2 Kelurahan Percontohan.

Wali Kota Syarfi Hutauruk dalam sambutannya mengatakan, dalam era pelaksanaan otonomi daerah PKK sebagai gerakan masyarakat yang mempunyai Visi,Misi dan tujuan untuk memberdayakan keluarga agar mampu mewujudkan kesejahteraan hidupnya atas dasar kekuatan sendiri dan mampu berkompetisi untuk mencapai kesejahteraan dan kemajuan bersama sesuai dengan nafas makna otonomi daerah.

PKK sebagai sebuah lembaga kemasyarakatan yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, telah menunjukkan dharma baktinya dengan memberikan manfaat bagi masyarakat dan keberhasilannya mencapai tujuan yang telah diterapkan bagi kepentingan masyarakat dan pembangunan pada umumnya. PKK sebagai sebuah gerakan telah mampu memberikan manfaat ganda kepada pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat melalui kegiatan 10 program pokok PKK. Dalam melaksanakan tugas-tugas tersebut PKK sebagai lembaga kemasyarakatan yang dimotori kaum perempuan yang tumbuh dari bawah diharapkan mampu menjadi mitra kerja masyarakat dan pemerintah dalam upaya pemberdayaan masyarakat melalui pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Kegiatan evaluasi ini juga bertujuan untuk mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanakan serta mengetahui sejauh mana pengetahuan dan pemahaman kader PKK tentang tata cara pelaksanaan buku administrasi PKK yang baik dan benar dan sejauh mana peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), sehingga diharapkan menjadi bahan acuan dan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat di masa yang akan datang.

Plt. Kepala Kantor PMK Kota Sibolga Agus Saleh selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan, sebagai tindak lanjut supervisi, monitoring dan evaluasi telah dilaksanakan oleh tim propinsi sumatera utara pada tahun 2014 dalam berbagai program kerja dan aktifitas TP.PKK, sehingga diharapkan seluruh kegiatan yang dilakukan tim penggerak PKK secara berkelanjutan turut memberikan kontribusi positif  bagi upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di Sibolga.

Turut hadir pada acara ini Asisten I Ir. Basar Sibarani, Camat Sibolga Selatan Sahat Simatupang, SE, dan Kabag Humasy Pemko Sibolga Edison Sitorus. (ben)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X